Home » » AL JUNAID AL-BAGHDADI DIGODA IBLIS

AL JUNAID AL-BAGHDADI DIGODA IBLIS

Written By Suatu Perjalanan Maya on Sunday, November 9, 2014 | 8:06 PM



Pada suatu hari, iblis masuk ke rumah Imam Junaid dengan menyamar sebagai salah satu muridnya dan berkata,

"Wahai Waliyullah, aku ingin mengabdi kepadamu tanpa upah, bolehkah?"
(Sebenarnya Imam Junaid sudah tahu bahwa itu adalah iblis).

"Silakan," jawab Imam Junaid singkat.

Iblis pun akhirnya mengabdi kepada Imam Junaid seperti para murid lainnya. Ia berusaha melakukan apa saja yang diperintahkan oleh Imam Junaid, namun di balik ketaatannya itu, iblis memiliki siasat jahat, ada udang dibalik batu. Ia berharap dapat memasuki hati dari Imam Junaid.

Dengan sabar Iblis ini mengabdi kepada Imam Junaid sepuluh tahun lamanya. Selama sepuluh tahun lamanya iblis menyamar, siasatnya belum juga membuahkan hasil. Iblis merasa telah gagal menembus hati Imam Junaid yang tak pernah lupa sedikitpun untuk berzikir kepada Allah SWT.

Bukankah iblis tak kuasa menggoda anak Adam yang selalu ingat dan berzikir kepada Allah SWT. Itulah janji Allah SWT tatkala iblis akan dikeluarkan dari Surga dan dilaknat oleh Yang Maha Perkasa. 

Bukan main ketaatan Imam Junaid kepada Allah SWT. Akhirnya iblis pun menyerah dalam penyamarannya dan memutuskan untuk meninggalkan Imam Junaid.

"Wahai Waliyullah, sesungguhnya aku adalah iblis yang menyamar menjadi salah satu muridmu. Aku ingin memasuki hatimu, akan tetapi aku tidak dapat melakukannya kerana setiap kedip mata engkau tak pernah lupa berzikir kepada Allah SWT," kata iblis kepada Imam Junaid.

"Aku sudah tahu kalau engkau adalah iblis, makanya aku menjadikanmu pelayan untuk menyeksamu, dan kelak di akhirat nanti kamu tidak akan mendapat pahala dari Allah SWT," tutur Imam Junaid.

Iblis tersentak, bagaimana mungkin Waliyullah seperti Imam Junaid ini mengetahui kalau dia adalah iblis. Iblis pun berkata lebih lanjut,
"Aku tidak melihat kesombongan dalam hatimu dan itu menjadi sumber kekuatanmu."

"Pergilah kamu wahai iblis laknatullah, kamu hanya dapat masuk ke dalam hati manusia yang telah diliputi takabbur dan sombong, keluar dan pergilah dengan hina engkau iblis," usir Imam Junaid.

Akhirnya iblis pun mengaku kalah lalu menghilang dari hadapan Imam Junaid yang terbukti tak mampu digodanya sedikit pun.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SUATU PERJALANAN MAYA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger